Tampil Gaya

Sabtu, 28 November 2009

Tampil Gaya, Kenali Bentuk Tubuh

DI MATA perempuan, tampil gaya dan modis dalam berbagai kesempatan adalah syarat mutlak dalam berbusana. Cermat dalam berbusana merupakan modal utama dalam menunjang penampilan.

Memahami bentuk tubuh adalah penting agar Anda dapat memilih gaya yang paling tepat untuk menonjolkan kelebihan sekaligus menyamarkan kekurangan pada tubuh.

Lantas bagaimana Anda dapat mengenali bentuk tubuh?

Mudah saja, karena pada dasarnya tubuh manusia itu terbagi dalam empat jenis, A-Frame, V-Frame, H-Frame dan 8-Frame yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Nah, agar Anda tahu lebih banyak mengenai jenis dan bentuk tubuh. Ada baiknya menyimak ciri-ciri seperti yang diuraikan di bawah berikut tips menyiasatinya.

A-Frame
Dikenal juga dengan bentuk menyerupai buah pear, yaitu bagian atas tubuh lebih kecil dan membesar dari pinggul ke bagian paha atas. Paha cenderung besar dan tidak terlalu panjang, sedangkan bagian tubuh atas kencang dan langsing. Bila berat badan bertambah, akan langsung terlihat di daerah paha atas.

Tips berbusana:
Pilihlah pakaian yang memancing perhatian pada bagian pinggang ke atas.Seimbangkan bentuk tubuh dengan bentuk pakaian yang berstruktur atau berdetail di bahu, atau kenakan lengan baju balon yang mengembang. Kenakan aksesoris bermodel besar atau lebar. Terusan maupun atasan yang berwarna cerah/terang, berpola dan bertekstur akan mengalihkan perhatian dari tubuh bagian bawah.

Untuk celana, model boot cut dengan potongan di pinggul pas buat Anda seperti halnya rok A-line atau asimetris. Jika ingin mengenakan jaket pilih yang potongannya jatuh tepat di atas pinggul, jangan yang terlalu panjang.

V-Frame
Tubuh tipe ini memiliki bahu lebih lebar dari pinggul. Payudara besar dengan garis pinggang tinggi, sedangkan paha dan bokong kecil, serta kaki langsing.

Tips berbusana:
Siasati dengan membentuk bagian pinggul dan paha lebih besar dengan menggunakan rok A-line atau blus/gaun model baby doll.

H-Frame
Sering disebut juga dengan bentuk penggaris. Cirinya, lebar bahu dan pinggul lurus sejajar, dengan kaki panjang, bagian dada sedang/besar. Kelebihan berat badan akan terlihat di pinggang dan perut.

Tips berbusana:
Membentuk garis pinggang akan membuat badan terlihat lebih berlekuk. Pakailah baju terusan dengan aksen ikat pinggang, blus/ gaun berpotongan empire atau rok klok yang mengembang.

8-Frame
Bentuk tubuh seperti angka 8, huruf X atau jam pasir ini memiliki ciri pinggang berlekuk dengan lingkar dada dan pinggul seimbang. Bagian dada besar, pinggang kecil sejajar siku, besar pinggul seimbang dengan bokong, serta panjang kaki dan tubuh bagian atas seimbang.

Tips berbusana:
Tonjolkan pinggang dengan baju semifit yang mengikuti lekuk tubuh. Hindari model baju bertumpuk yang longgar. Pakaian terbaik untuk tipe ini adalah yang bisa memperlihatkan atau mempertegas lekuk tubuh. Atasan dengan kerah halter atau �V' adalah alternatif yang cocok untuk Anda. Hindari celana berpotongan baggy serta bahan bermotif besar. Pilihlah rok atau celana yang lingkar pinggangnya jatuh tepat di pinggang atau pinggul.

0 komentar: