Kesehatan Anak

Minggu, 20 Desember 2009


Tanda-tanda Balita Harus Dibawa ke Dokter

Kamis, 24 Desember 2009 | 20:26 WITA

KONDISI BALITA yang masih sangat rentan cenderung membuatnya gampang sakit. Orangtua biasanya panik dan sangat khawatir ketika balitanya ada gangguan kesehatan. Sebaiknya ketahui tanda-tanda kapan si balita harus dibawa ke dokter.
Tidak semua orangtua bisa membedakan dengan pasti antara tangisan yang normal dengan tangisan akibat adanya masalah pada tubuh balita. Bahkan orangtua yang sudah berpengalamn sekalipun sulit membedakannya. Ini karena setiap anak memiliki karakteristik tersendiri yang membuatnya berbeda satu sama lain
. >>> Selengkapnya



Waspadai Kandungan Kimia dalam Mainan Plastik

Jumat, 18 Desember 2009 | 22:42 WITA

MUNGKIN ada yang belum tahu bahwa mainan plastik ada yang mengandung phthalates, bahan kimia yang sangat berbahaya karena memengaruhi hormon testoteron pada anak laki-laki.

Dalam studi awal yang melibatkan 40 anak di Turki yang didiagnosa mengalami gynecomastia atau pembesaran bagian payudara, ditemukan bahwa kadar phthalates dalam darah mereka cukup tinggi, yakni 2,8 hingga 25 kali lebih tinggi dibanding dengan anak yang tidak menderita gynecomastia.
. . .> selengkapnya



5 Tanda Kaki Anak Bermasalah

Senin, 14 Desember 2009 | 15:33 WITA

MASALAH sekitar pergelangan kaki pada anak-anak sering terabaikan. Gejalanya tidak disadari oleh orangtua karena anak pun kadang tidak bisa menjelaskan apa yang salah dengan kakinya. Cari tahu, apa saja pertanda anak punya masalah pada kakinya.

Kaki adalah organ tubuh yang vital dengan fungsinya membantu seseorang berjalan, berlari untuk melakukan berbagai aktivitas. Makanya penting untuk selalu memperhatikan pertumbuhan kaki dan kenali gejala awal jika ada sesuatu yang tidak beres dengan kaki anak-anak..
>. selengkapnya


Kok Si Kecil Belum Mulai Jalan?

Kamis, 3 Desember 2009 | 14:47 WITA

SI KECIL belum juga mulai belajar berjalan di usia setahun, dan hal ini membuat Anda cemas? Tenang, jangan merasa takut dulu. Menurut Robin Goldstein, PhD, dalam bukunya Buku Pintar Orang Tua, seorang anak akan mulai berjalan bila ia sudah siap memasuki tahapan tersebut. Lalu, apa dan bagaimana tandanya?

Menurut Goldstein, kesiapan seorang anak untuk belajar berjalan berbeda satu dengan yang lainnya. Ada yang sudah siap ketika memasuki usia 9 bulan, ada pula yang baru merasa siap ketika memasuki usia 18 bulan. Disampaikan pula, bahwa usia
. . . selanjutnya


Pertolongan Pertama Bila Si Kecil Kelilipan

Kamis, 3 Desember 2009 | 20:48 WITA

BILA MATA si kecil tiba-tiba kelilipan, secara spontan biasa- nya kita ngotot memintanya membelalakkan matanya agar kita bisa meniup matanya. Tentu saja dengan harapan benda asing yang masuk ke matanya segera keluar akibat tiupan kita. Padahal, cara ini tak efektif karena entah debu, pasir, atau benda asing lain yang masuk ke matanya mungkin saja masih tetap "bersarang" di tempat semula.

Sebenarnya secara alamiah bila benda asing tersebut tergolong kecil sekali/sangat halus, secara otomatis mata akan mengeluarkannya bersamaan dengan air mata yang keluar lebih banyak dari biasanya. Atau cukup dengan mengedipkan-edipkan mata secara berulang, kotoran superhalus tadi akan segera "hengkang" dari mata. Namun, cara-cara ini tak mempan ...
selengkapnya



Mengoptimalkan Tinggi Badan Anak

diposkan oleh : Ruslan Jum'at 20 Nop 2009 15:00 Wita

UKURAN tubuh yang tinggi atau pendek bukan semata terkait estetika. Pada anak, pertambahan tinggi badan yang normal merupakan salah satu indikator keberhasilan tumbuh-kembangnya.

Secara genetik, orang-orang yang tinggal di Asia seperti Jepang dan Indonesia memang memiliki ukuran tinggi badan lebih pendek dibanding orang Barat sana. Namun, genetik orangtua yang pendek bukanlah "vonis mati" bahwa anaknya juga bakalan pendek
. selengkapnya

___________________________________

Pembunuh Terbesar Kedua Balita

Diposkan oleh : Ruslan Jum'at 13 Nop 2009 20:18 Wita


PENYAKIT diare hingga kini masih menjadi penyebab kematian utama pada anak usia di bawah lima tahun (balita). Laporan terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) yang berjudul "Diarrhoea: why children are still dying and what can be done" menyebutkan, setiap tahun 1,5 juta anak balita meninggal dunia akibat diare, membuatnya menjadi Baca Selengkapnya

___________________________________

Waspadai Infeksi Telinga Pada Anak

Diposkan oleh : Ruslan Jum'at 13 Nop 2009 19:55 Wita

MENURUT hasil kajian Mayo Clinic, diketahui 7 dari 10 anak, paling tidak pernah mengalami infeksi telinga tengah (otitis media) di usia 3 tahun, dimana sepertiganya akan menderita infeksi telinga berulang.

Infeksi telinga adalah kondisi-kondisi yang melibatkan dan seringkali peradangan dari area-area berbeda dari telinga. Paling sering berasal dari infeksi virus, jamur dan bakteri. Kebanyakan infeksi telinga tidak menimbulkan hilangnya pendengaran secara permanen. Namun infeksi tertentu jika tidak diobati dapat merusak dan melebar ke bagian-bagian telinga
Baca selengkapnya

0 komentar: